24 HARI PERJALANAN KELOMPOK 7 D4 ITB SEAMOLEC – BATCH 5

Posted on December 22, 2011

1


Hari ini kali kedua bertemu muka dengan Pak Gatot, yang tidak lain adalah Direktur Seamolec, bertemu beliau pertama kali pada saat pembukaan program D4 ITB- Seamolec Batch 5 di Aula Barat, ITB. Tidak banyak yang berbeda dari beliau, seingat saya, beliau mengenakan batik ungu yang sama ketika pembukaan program ini. Tapi bukan itu yang saya maksud ‘tidak banyak yang berbeda’, melainkan dari segi kepiawaiannya menyemangati dan membuka wawasan kami untuk melihat bahwa begitu banyak peluang yang belum terjamah dan wajib untuk kami jamah demi kelancaran perjalanan kami menuju kehidupan yang lebih mandiri.

Ya, kehidupan yang lebih mandiri yang saya maksud adalah kemampuan kita dalam menjalani hidup dengan kemampuan yang berasal dari diri kita sendiri. Langsung saja, maksud saya adalah membuka usaha sendiri, jadi tidak tergantung dengan gaji sebagai pegawai, tapi turut membantu membuka lapangan kerja bagi diri sendiri dan orang lain. Satu kegiatan yang berkesan selama dua hari outbond yaitu aksi jual pena. Dengan modal sebuah pena dan jiwa entrepreneur yang kami miliki, pena dengan harga Rp. 2.000 dapat dijual dengan harga mencapai Rp. 250.000. Apa yang kami jual? Ya hanya pena, tapi dibumbuhi dengan kepiawaian mencari konsumen dan memeberikan gambaran nilai tinggi dari sebuah pena.

Kali ini, kami diminta kembali untuk menanamkan jiwa wirausaha tersebut. Dari sekarang, kami diwajibkan untuk memikirkan kira-kira peluang apa yang masih terbuka dan bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha. Termasuk melihat peluang  untuk membangun daerah asal kami.

Apa yang sudah dilakukan dan dikembangkan??

Terlepas dari hal di atas, sesuai dengan judul postingan kali ini, 24 Hari Perjalanan Kelompok 7 D4-ITB Seamolec Batch 5, banyak hal yang telah kami lalui, mulai dari tugas yang awalnya kami kira hanya dewa yang bisa menyelesaikan, namun pada akhirnya, kami sadari tugas itu bukan apa-apa. Dilanjutkan dengan belajar pembuatan game dengan J2ME, lalu uts, penjurusan, dan dikahiri dengan perjumpaan dengan Pak Gatot.

Sekedar mereview, seminggu pertama kami dibimbing dengan Pak Sajarwo, belajar algoritma dan struktur data, diakihir dengan tugas untuk setiap pertemuannya, tapi itu semua dapat terselesaikan, berkat kerjasama yang melekat di jiwa.  Masih tentang algoritma dan struktur data, dilanjutkan dengan Pak Abdul Rizal. Kami sudah mulai memahami konsep OOP yang dituangkan dalam program CGI sederhana hingga yang berbasis GUI. Kemudian belajar J2ME, awalnya kami memilih untuk belajar game dengan cara yang sulit, dan ternyata memang rada sulit.. hha , tapi setelah itu,beliau mengajarkan cara cepatnya, dan memang cepat.. tidak sesulit cara pertama. Hha,, sayangnya, belajar Game RPG belum sampai selesai. Beliau sudah disibukkan dengan hal lain, yang dapat kami mengerti, karena beliau selalu memberikan statement ini, “Kalian beruntung, sekarang lagi pada sibuk, jadi kalian sedikit terbengkalai”, yah termasuk penyelesaian game RPG yang masih gantung, semoga beliau ingat, dan melanjutkan penyelesaian game tersebut.

Game RPG - Labirin

Dua hari setelah itu, kami melaksanakan presentasi proyek UTS yang dipimpin oleh Mbak Ani. Wah, ternyata, aplikasi yang dihasilkan oleh teman-teman bagus-bagus lho. Kelompok kami membuat Aplikasi Perpustakaan, ya cukup kilat untuk diselesaikan.

Tampilan Awal Aplikasi Perpustakaan

Minggu selanjutnya kami melaksankan pengambilan nilai UTS yang dipimpin oleh Pal Rizal. Sedikit deg-degan .. tapi ya hanya sedikit. Esok harinya kami penjurusan. Dan terbagilah kami kedalam empat jurusan, yaitu TKJ, TMD, Animasi dan TIKes. Terakhir, kami bertemu dengan Pak Gatot. Sampai dengan detik ini, kami harus memikirkan peluang usaha apa yang dapat kami ciptakan. Ya, semoga peluang tersebut dapat memberikan dampak positif bagi sesama.

Jadi,yang sudah kami lakukan secara tersirat ada pada beberapa paragraf di atas, dan apa yang sudah kami kembangkan, tak lain adalah pemahaman mengenai algoritma dan struktur data, pembuatan aplikasi berbasis GUI hingga Game. Semoga bermanfaat untuk sharing pengalaman.

Salam hangat,

Kelompok Tujuh..=)

Posted in: Assignment